Konfigurasi Bios Motherboard Komputer

             Pada pemakaian komputer pada kali pertama, kita perlu memerlukan Konfigurasi BIOS pada motherboard. Adapun langkah langkah umum pengaturan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Tekan tombol power pada PC dan monitor untuk menghidupkan komputer kamu. PC akan segera melakukan proses booting.

2. Untuk masuk kemenu BIOS, segera tekan tombol delete pada keyboard atau sesuaikan dengan merek komputer/laptop berikut ini.
3. Aturlah melalui menu Main pada bagian System time. Untuk mengaturnya, gunakan tombol +, - dan tombol Tab pada keyboard kamu.

4. Selanjutnya, dengan cara yang sama, ubahlah tanggal pada sistem komputer kamu melalui bagian System Date.

5. Masukan kemenu User Password. Cara pengaturannya sama seperti pengaturan pada supervisor password..

6. Sekarang bukanlah menu Advanced dengan menekan tombol [--->] pada keyboard kamu, lalu pilih I/0
Device Configuration kemudian Enter.

7. Sekarang pilih opsi PCI Configuration, lalu tekan Enter. Supaya slot USB motherboard  kamu berfungsi, aturlah opsi USB Funcition menjadi Enabled. Jka belum, kamu bisa mengubahnya dengan menekan tombol [+]. Jika sudah kemenu Advenced dengan menekan tombol Esc.
8.



 Untuk memudahkan instalasi sistem operasi kelak, ubahlah pengaturan boot dari PC. Kemudian atur CD-ROM sebagai boot devide pertama atau jika kamu ingin melakukan instalasi dan flashdisk, ganti CD-ROM dengan nama Flashdisk kemudian, harddisk ke-2 dan floopy boot devide ke-3 agar setiap kali booting, mencari sistem operasi di CD-ROM terlebih dahulu baru kemudian harddisk dan floopy disk
9. 
setelah konfigurasi selesai, tekan tombol F10 maka akan muncul pertanyaan apakah kamu ingin menyimpan konfigurasi dan keluar dari BIOS, pilih OK dan tekan Enter untuk menyimpan dan keluar dari BIOS. Komputer akan restart secara otomatis.

SEMOGA BERMANFAAT ;)
Previous
Next Post »